Perangkat Keras Komputer

----
Perangkat Keras Komputer - Komputer adalah perangkat atau alat pengolah data berdasar prosedur-prosedur dan atau perintah-perintah yang telah dirumuskan. Secara umum komputer terdiri atas dua bagian yaitu, perangkat lunak dan perangkat keras. Pada kesempatan ini saya hanya akan menjelaskan apa itu perangkat keras komputer dan apa-apa saja yang terdapat dalam perangkat keras tersebut. 1. MainBoard (motherboard) berupa papan panel elektronik yang memiliki fungsi utama yaitu menghubungkan seluruh bagian komponen-komponen Komputer (PC).
mainboard
2. Central Processing Unit (CPU) biasa juga disebur PROCESSOR atau otak komputer. Fungsi dari perangkat keras ini adalah mengolah dan memproses semua perintah-perintah sehingga PC ini dapat dioperasikan.
processor
3. VideoGraphic Array (VGA) sebagai penghubung yang menyebabkan terjadinya pengiriman data grafis antara display dan komputer.
vga card
4. RandomAccess Memory (RAM) RAM tidak memiliki fungsi sebagai penyimpan data permanen,tetapi hanya berfungsi sebagai transit data bagi operasi yang dijalankan oleh komputer.
ram
5. HardDisk Drive (HDD) fungsi secara umum dari perangkat keras ini adalah untuk menimpan semua data-data pada simtem komputer, baik itu OS (operation system), program-program, maupun dokumen-dokumen yang telah tersimpan sebelumnya di komputer kita.
hard disk drive
6. Optic DiskDrive Optic Disk Drive atau biasa dikenal sebagai CD, DVD atau ODD, dimana fungsinya sebagai pembaca dari CD, DVD dan blueray-disc
 Optic Disk Drive
7. PowerSupply Unit (PSU) perangkat ini berfungsi sebagai alat konversi dan penyalur tenaga listrik dari sumber energi dirumah (PLN) ke energi listrik komputer sehingga komputer tersebut dapat dioperasikan secara baik.
power supply unit
8. Layar Monitor Layar Monitor berfungsi sebagai sebagai layar untuk menampilan perintah-perintah berupa video dan informasi grafis yang dilakukan olek komputer.
monitor LCD
9. Keyboard komputer merupakan alat untuk memasukkan semua perintah-perintah berupa teks dan karakter
Keyboard
10. Mouse memiliki fungsi untuk menggerakkan objek antarmuka grafis yang kemudian dapat diproses oleh komputer.
mouse
11. Speaker pengeras suara atau alat yang mengeluarkan suara yang di hasilkan oleh komputer.
Speaker
12. Scanner dan Printer alat cetak teks maupun gambar-bambar elektronik dari komputer
scanner
Printer
13. Soundcard alat penghubung antara speaker (aouput sound) dengan komputer berdasarkan perintah-perintah dari aplikasi komputer. soundcard 14. LANcard penghubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya biasanya menggunakan kabel (kabel LAN) lan card 15. Casing casing atau rumah dari semua perangkat keras komputer tersebut diatas. casing cpu Perangkat keras tersebut diatas ada yang merupakan pelengkap dan ada yang merupakan komponen-komponen utama. Komponen-komponen utama tersebut apabila salah satunya rusak/atau tidak bekerja dengan baik, maka fungsi komputer secara umum tidak akan beroperasi. Selain Perangkat keras komputer diatas ada juga yang dinamakan perangkat lunak komputer, fungsi dari perangkat ini adalah sebagai sumber perintah untuk melakukan berbagai kegiatan dikomputer. Untuk penjelasan lebih lanjut dari Perangkat Lunak Komputer akan kami jelaskan pada kesempatan lainnya.

Baca Juga :



0 comments:

Posting Komentar

Free Download Ebook